Kanal Informasi Resmi Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik UGM

Selamat Datang
Gadjah Mada Muda Teknik!

Selamat Datang di Fakultas Teknik UGM!

Halaman ini didedikasikan untuk teman-teman Gadjah Mada Muda Fakultas Teknik UGM, mari kita singkat menjadi GAMADAT aja ya (sounds silly, but lets go!)

Disini kami, Sobat FT UGM, menghadirkan PAPA MABA (Paduan Pas untuk Mahasiswa Baru) untuk membantu teman-teman Gamadat sekalian untuk mengetahui informasi seputar Akademik dan Kemahasiswaan FT UGM. Dimulai dari jajaran pengurus, administrasi, kegiatan kemahasiswaan, komunitas, dll.

Kami harap dengan adanya halaman ini dapat membantu teman-teman Gamadat untuk mengenal lebih lanjut Fakultas Teknik UGM (terutama masalah administrasi, biar kalian gak kebingungan lah). Sekali lagi, kami ucapkan Selamat Datang!

mengenal

Pimpinan Fakultas

seputar

Fakultas Teknik

Hal pertama yang harus Gamadat ketahui yaitu mengenai KPFT, Kantor Pusat Fakultas Teknik.

Kenapa? karena disini letak kantor-kantor per bidang pengurus Fakultas Teknik UGM, salah satunya Kantor Akademik dan Kemahasiswaan, yang nantinya akan sering kalian kunjungi saat mengurus administrasi seperti Surat Aktif, Wisuda, Pengajuan Dana Lomba, dll.

Lalu dimana KPFT? saat ini KPFT dipindahkan ke gedung Pusat Studi Ilmu Teknik UGM (PSIT UGM) atau yang biasa mahasiswa sebut gedung PAU. Lokasi PSIT berada di Utara Fakultas Teknik UGM. 

Alamat KPFT:
Jl. Teknika Utara, Barek, Kampus UGM, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55281

KPFT Sebelum Dirobohkan (akan dibangun lebih bagus lagi)

  1. KPFT ini sering dijadikan tempat ‘nongki’ atau nongkrong asik anak Teknik. Tempat favorit buat nugas kampus sampai diusir, dimatikan lampunya, dan ditutup gerbangnya.
  2. KPFT juga sebagai sarangnya persiapan kepanitiaan, wawancara, persiapan lomba, dan acara-acara kemahasiswaan lain.
  3. Sebelum diruntuhkan, setiap jumat pagi selalu ada Jumat sehat yang diadakan oleh Fakultas untuk mewadahi aktivitas olahraga civitas Teknik.
  4. Ada kedai kopi bagi para pecinta kopi. Di sebelahnya ada Tekmart yang menyediakan makanan kecil, alat tulis, dan kebutuhan kecil mahasiswa.
  5. Pernah ada Panggung Kreasi yang letaknya membelakangi Departemen Teknik Kimia, namun setelah itu diganti dengan pemasangan jaring badminton.
  6. Lantai 2 biasa digunakan untuk kunjungan, kelas bersama, atau kelas umum, seminar, maupun acara resmi lainnya.
  7. Lantai 3 yang biasa dihuni oleh para staf Fakultas dan petinggi Fakultas. Biasanya pengurusan akademik dan kemahasiswaan berada di sana.

mengetahui

KONTAK FT UGM

Hal yang Harus Diperhatikan:

  1. Hari dan Jam Kerja: Senin – Jumat, 07:15 – 16:00 WIB 
  2. Saat hendak mengirim email perhatikan Subjek Email , singkat dan jelas.
  3. Membaca aturan saat join Grup WA Hotline Akademik FT UGM
  4. Saat ingin mengajukan administrasi, jangan mendekati deadline.
Saya Ingin Hubungi

Bertanya terkait Informasi Umum Fakultas Teknik UGM (Info Akademik, Beasiswa, dll)

  • Sobat FT UGM
  • Instagram @teknikugm

Mengajukan Permohonan Surat/Dokumen

Email FT UGM : teknik@ugm.ac.id

Follow Up Administrasi Akademik yang sudah diajukan

  • Grup WA Hotline Akademik (Link Sakti)
  • Email FT UGM : teknik@ugm.ac.id

Hal Lainnya

  • Sobat FT UGM
  • Instagram @teknikugm
  • Telp 0274 – 513665

PERISEPA

~ Pedoman dari Segala Pedoman ~


bingung sama administrasi di fakultas??? kalem sob!
Sobat FT UGM sudah merangkum step by step birokrasi administrasi fakultas yang kita sebut Pedoman Birokrasi!
Jadi kalian gak akan bingung lagi sama administrasi fakultas sob!

Klik Link Dibawah ini Untuk Menuju ke Perisepa! Pedoman dari Segala Pedoman!

FAQ GAMADAT

pertanyaan yang sering ditanyakan oleh maba

Q : Apakah mahasiswa baru mengisi KRS juga?

A : Tergantung kebijakan Departemen. Ditunggu saat Info Day Departemen masing-masing ya…

Q : Apa ada info terkait jadwal foto KTM untuk jalur UTUL?

A : Info terkait heregistrasi mahasiswa baru bisa dicek melalui akun ugm.id/admisi yang telah dibuat ya…

Q : Apakah KRS dipaketkan oleh Departemen? Atau diisi sendiri melalui SIMASTER?

A : Untuk info lebih lanjut, bisa menghubungi Departemen maupun Keluarga /Himpunan Mahasiswa terkait ya…

Q : Kalau jadwal di Semester 1 tabrakan bagaimana?

A : Seharusnya tidak bertabrakan. Jika terjadi demikian, lapor ke DPL atau Akademik Departemen.

Q : Apakah ada minimal spesifikasi laptop untuk kuliah? Kalau ada, tolong juga contohnya?

A : Yang penting bisa digunakan untuk Ms. Word, Ms. Powerpoint, sudah cukup sih. Selebihnya biasanya disediakan laboratorium komputasi kok. Untuk info lebih lanjut terkait minimal program apa saja yang diperlukan untuk tiap program studi, silakan kontak Keluarga/Himpunan Mahasiswa terkait ya…

Q : Apakah ada ospek jurusan atau pengenalan lebih dalam? Kalau bentrok dengan kelas bagaimana ya?

A : Ditanyakan ke Keluarga/Himpunan Mahasiswa terkait ya…

Q : Kalau cuti akademik biasanya di semester 1 diizinkan atau tidak? Dan untuk membuat izinnya bisa kemana?

A : Untuk mahasiswa baru biasanya tidak bisa cuti di tahun pertama. Setelah tahun pertama bisa mengambil cuti. Panduan selengkapnya bisa dicek melalui Perisepa ya.

Q : Bagaimana cara untuk mengakses BSO?

A : Langsung cek dibawah sob!

mengenal

KEgiatan Mahasiswa

klik logo untuk menuju profile

Komunitas Mahasiswa

Keluarga / Himpunan Mahasiswa

Lembaga KMFT/BSO